Jadi Tenant

April 17, 2008 at 3:11 am Leave a comment

Hari ini, ngobrol ama temen, soal cara2 jadi tenant di mall.

Karena sudah pengalaman, jadi sekarang ngasih tips dan trick.

Jadi tenant di mall itu gampang, gampang banget. Gak butuh syarat apa2, yang penting ada identitas diri (ktp) dan uang (ini masalah penting).

Pertama2 jalan2 liat lokasi yang tepat. Disurvery dulu selama beberapa hari or beberapa mingguan. Tergantung kebutuhan. Abis ngrasa cocok, langsung aja datang ke manajemen mall (kalau bingung nanya satpam..hahahaa..). Di situ ntar nanya2 soal tempat yang lagi di incar. Biasanya kalau tempatnya strategis, biaya nya lumayan juga dibandingkan tempat sepi. Kalau agak2 sepi, biasanya bisa di nego. Oh iya, tanyain juga sewa nya itu udah masuk service charga + biaya listrik belum. Trus sudah termasuk ppn blum. Sistem pembayarannya gimana juga? Soalnya sistem nya macam2, ada yang bisa sewa bulanan, ada yang per 2 bulan dan ada juga yang tahunan (biasanya untuk usaha makanan dan minuman, minimal sewa 3 tahun or 5 tahun..tergantung mall nya juga). Kalau emang harus sewa tahunan, dan setelah dihitung2 menguntungka, coba aja. Sewa di mall emang jauh lebih mahal daripada diluar, tapi enaknya di mall itu bisa diangsur. Kalau sewa di luar mall, minimal kita harus sewa 2 tahun, dan harus dibayar langsung (cash). Oh iya ada tambahan lagi, di mall itu ada 2 macam tempat sewa : open counter dan stand. untuk open counter ada 2 macam juga, yang gerobak2 (sudah disediakan oleh pihak mall, mengirit biaya kita tapi tempat barang2 nya jadi terbatas), trus yang satunya bener2 open counter (pihak mall cuman menyediakan tempatnya saja, dan kita harus membeli rak2 sendiri). Gak enaknya di mall, kalau perhitungan kita salah. Ruginya bikin sesak..hahahaa..bisa2 pendapatan perbulan kita, abis cuman buat sewa + bayar gaji pegawai. Atau malah2 jadi minus..

Dari tingkat keamanan, lebih aman stand karena sudah ada pintu rolling door nya yang bisa dikunci. cuman stand itu biasanya sewa nya memang lebih murah daripada open counter. Cuman karena dia lebih luas, jatuhnya lebih mahal (kan hitungan sewa itu biasanya make permeter). Selain itu biasanya lebih strategis open counter daripada stand.

Oh iya, selain sewa langsung dari manajemen mall nya. Kita bisa sewa dari pemilik stand. Kan di mall, selain di kelola langsung oleh pihak mall, juga ada beberapa stand yang dijual. Dan biasanya stand2 ini disewakan lagi oleh pemiliknya. Biayanya relatif murah, cuman dia gak bisa diangsur. Bayarnya harus langsung 2 tahun (mirip2 sewa di luar). trus Biaya yang dibayar tadi belum termasuk service charge dan listrik (untuk service charge dan listrik, bayarnya memang harus di manajemen mallnya)

 

Sebagai Gambaran sewa di mall dan luar.

di mall sewa perbulan 2 jt (ini sewa paling murah,di gerobak dan sudah termasuk service charge + listrik). jadi 1 tahun kita harus bayar 12 bulan x 2 jt = 24 jt (ini yang harus kita keluarkan buat sewa, tapi bayarnya perbulan. jadi gak memberatkan). Belum lagi ditambah gaji pegawai + barang2 toko

sewa diluar (tergantung tempatnya kali ya), kita bikin 8 jt pertahun dan minimal sewa diluar harus langsung 2 tahun. jadinya 2 tahun x 8 jt = 16 juta (ini yang harus kita keluarkan di awal kita sewa, dan biasanya harus kita bayar langsung kecuali kalau kita bisa nego). Belum lagi ditambah gaji pegawai + barang2 tokok + etalase2.

jadi kalau dihitung2 secara biaya, sebenarnya murah kalau sewa di luar..jatuhnya lebih murah..:)

cuman dana awal yang harus disiapkan lebih besar

 

Advertisements

Entry filed under: usaha.

WBL hiks2..pengeluaran gila2an

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d bloggers like this: