PKL (Pedagang Kaki Lima)

May 19, 2008 at 2:40 am Leave a comment

Selama ini kita kadang memandang sebelah mata pekerjaan pkl itu. Padahal banyak pkl yang sukses. Cuman kalau gak kenal, kadang kita gak percaya kalau mereka sesukses itu. Karena penampilan mereka terkadang menipu.

Aku kenal beberapa orang yang kerjanya jadi pkl. Dan taraf hidup mereka, jauh di atasku. Gimana gak jauh di atasku kalau pendapatan mereka jauh lebih gede daripada aku, punya 2 mobil, punya rumah, hp nya ganti2. Cuman penampilan mereka keliatannya sederhana, cuman make baju seadanya.

Kalau memang punya semangat tinggi, pantang menyerah, cuek bebek, mendingan kerja jadi pkl aja. Cuman kalau gak mau diobrak ama satpol, cari tempat yang resmi. Kalau gak ya cuek2 aja, diobrak ya pindah…hahahaha..jadi pkl itu kuncinya harus semangat, pantang menyerah..

En sekarang ini yang sedang aku coba. Iseng banget ya. Udah 2x weekend ini aku uji coba jadi pkl. Gelar plastik dipinggir jalan. Cuman karena masih belum mau terlalu resiko, pkl nya masih dalam rangka bazaar2 kampung. Jadi gak mungkin diobrak.

Di bazaar kampung ini, aku bener2 menghadapi dunia nyata. Nawarin barang2, persis kayak orang2 di pasar2..teriak2 : “Bu, murah2..dibeli2..buat anak2 nya, adek2nya…”

Untuk itungan bisnis,  sebenarnya masih menguntungkan. Untuk bazaar ini, aku cuman kerja beberapa jam saja. Dari jam 5 sampai jam 9 malam. trus sewa nya cuman 10 ribu. Pendapatannya lumayan kok. Jadi hitungannya tidak terlalu rugi, apalagi aku dapat banyak pengalaman.

Cuman minggu depan kayaknya libur dari pkl nya, soalnya tempatnya kejauhan dari rumahku. Jadi libur dulu, aktif lagi ntar agustus. Nunggu moment agustusan..Biasanya banyak banget bazaar2 kayak gitu..

Jadi seumpama pas ke bazaar kampung en liat ce teriak2..bisa jadi itu aku. siap2 buat beli ya..hahahahaa…

Entry filed under: usaha.

Senin Semarang Yogya

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



